Indonesia

Mengenal lebih dekat Indonesia, kalimat yang serasa dekat untuk dilihat namun perlu banyak tools untuk melihat lebih dekat. Kelapangan hati dan ketenangan jiwa merupakan kunci utama untuk mengenal lebih dekat Indonesia, well saya pun sedang belajar melihat Indonesia lebih dekat. Empat bulan ini saya melihat Indonesia dengan lebih dekat, saya lihat dari sebuah kecamatan yang bernama Lindu. Selama disini saya belajar bahwa, ternyata melihat lebih dekat Indonesia adalah melihat lebih dekat diri sendiri. Saya merasa bahwa mesti bercermin, bukan gambaran yang tampak harus saya lihat tapi bagaiman jiwa dan hati memancarkan gambaran tersebut. Apakah kita sudah memberikan yang terbaik untuk Indonesia? Indonesia hanya sebuah nama, ruh dan fisiknya adalah masing-masing diri yang menjadi warga negara.

Apa yang mereka koar-koarkan mengenai kesejahteraan di TV atau alih-alih sekarang televisi hanya menjadi alat propaganda mindset masyarakat di tataran paling bawah justru hanya membuat masyarakat semakin pesimis dan mengatasnamakan "yah, namanya juga Indonesia". Saya termasuk beruntung karena tidak adanya sinyal dan listrik membuat saya buta terhadap informasi dan kekisruhan di televisi. Tapi bicara tentang saya itu tidaklah terlalu penting, tapi, yang penting adalah bagaimana saya melihat efek ini. Masyarakat di akar rumput sibuk membicarakan mengenai harga hasil olahan kebunnya yang murah, atau jalanan di daerah kami yang tertutup dan melakukan perbaikan, atau semakin langkanya ikan mujair, atau pernikahan-pernikahan, atau kesehatan, atau tentang mahalnya transportasi, dll. Mereka pergi pagi dan pulang petang sama dengan orang kota bedanya mereka menggunakan tenaga untuk bekerja sedangkan orang kota lebih banyak yang menggunakan pemikiran. Pesimistis yang ditimbulkan oleh sistem disekitar masyarakat perlahan-lahan akan membentuk ruh dan jiwa masyarakat untuk menjadi pesimis dan berdiam terhadap apa yang telah ada.

Orang-orang yang menjadi ruh dan fisik dari Indonesia harus selalu melakukan perbaikan diri terus menerus sesuai dengan pekerjaan masing-masing, tujuannya jelas tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Komentar

Postingan Populer